Sabtu, 21 Desember 2013

Turun Gunung Arjuno Via Lawang (Kebun Teh)

Jam setengah 9 pagi waktu jam tangan saya, 5 teman turun duluan, Anu (Juna), Biga, cak Eko, dan pasangan serasi Max dan Yoga.

sedangkan Ana (saya), Ani (Mb.Anik), Dion, Mas Deden dan Lek Gun turun setengah jam setelah tim pertama, keterlambatan ini diakibatkan oleh saya, Mb.Anik dan Dion yang masih menikamati kopi pagi di puncak Arjuno,  hehe kawan-kawan yang lain sampe semremet nunggu kami packing di puncak.


Sebenarnya bukan sengaja berlama-lama di puncak, tapi kami sedang packing waktu teman-teman di bawah sudah siap turun, saya, mbak anik dan Dion belum selesai packing. waktu teman-teman manggil-manggil dari bawah, saya baru pulih, sebelumnya saya masih tiduran di atas batu, saya belum bisa jalan, waktu teman-teman manggil dari bawah, saya bilang 'Aku wes waras' maksudnya saya ngasih kabar baik ke mereka, tapi tanggapan mereka sebel, dikiranya kami sengaja berlama-lama di atas.
 
Mas Deden dan Lek Gun setia menunggu kami tidak jauh dari puncak.
'iku lho bahune mulyadi ditaleni ae, timbang kumat maneh' kata Mas Deden, aseeekkk namaku berubah jadi Mulyadi dengan nama beken cak Moel, dan sampai sekarang tim Arjuno memanggil saya dengan cak Moel, Suwun lho Mas Deden atas nama barunya. Mbois bingit iki

Ekspresi MAs Gun, Yoga, dan Mas Deden waktu nunggu kami (ngapunten nggih)

Perjalanan pulang ini saya ndak bawa apa-apa kecuali kamera dan tongkat, lho lak koyo sotograper a lek ngene, mosok turun gunung gak gowo opo-opo, sombongku turun sak sret, turun via lawang ini membuat kawan-kawan banyak yang njungkel bolak-balik, dan Mb.Anik gagal dengkulnya kumat. Lengkap sudah perjalanan munggah mudun Gunung Arjuno ini dengan cerita 3 cewek sombong, si Anu njungkel sampe semaput, si Ana gagal bahu sampe meraung nangis2 dan umbelen dan si Ani gagal dengkul sampe mringis-mringis di jalan licin.

Setengah jam kemudian tim kancrit (terakhir) turun, sedangkan tim duluan sudah menunggu tim kancrit di bawah, lalu kami bersepuluh (lengkap) turun bersama, reruntutan, mulai tersenyum, setelah agak jauh berjalan kami mandeg di cemoro sewu, istirahat ngocek pelem (ngupas mangga), 8 dari tim belum makan, sedangkan Dion dan Mb.Anik sudah sarapan mie goreng, pasti ke 8 orang yang belum makan ini lapar. Disinilah kami tertawa menertawai telenopela puncak Arjuno, mosok sing loro Ana sing semaput Anu, aduh rek sing mang nangis saiki wes iso ngguyu, yang jadi bahan gojlokan adalah Ana dan Anu.  

Baru iki aku dolen nangis, yo iki, beruntunglah kalian yang pernah tahu saya nangis, jarang sekali saya nangis, di depan banyak orang lagi. haissshhh

Si Max kebelet boker, si Anu juga kebelet ngengek, si Ana kebelet sipip, si Ani kebelet nangis dan kalian tahu rasanya turun gunung sambil ngempet kebelet itu rasanya anu sekali ya, wes bayangno dewe, untung si Max dan si Anu gak keceret di jalan. kalian pejuang yang hebat. prok prok prok

Yoga dan Max

Wajahnya Max sudah kelihatan gak ngenakno saking kebelete, kami jalan lagi, jalan turun penuh semangat membayangkan WC, kalau perlu berlari, tapi karena jalanan sangat licin jadi ketimbang mak bedunduk anu-nya di jalan ya mending kami jalan pelan-pelan saja (perasaan koyo judul lagu).

Akhirnya sampai juga di pos 4 (Nggombes) setelah melewati jalan yang penuh dengan rumput solonjono (kolonjono), juga setelah melewati alas Lali Jiwo yang wingit dan banyak pendaki hilang disana, kami beristirahat lama sembari menunggu mas-mas yang sedang packing, alih-alih kami nunggu padahal saking gak tahu jalan turun, tapi suwun lho mas sudah mau mbarengi kami jadi petunjuk jalan sampe pos 2 meskipun kami jauh ketinggalan di belakang tapi mas-masnya mau nungguin kami.
Pos 4 Nggombes

Sesampainya kami di Pos 2 kami berpisah dengan rombongan mas-mas pemberi petunjuk, mas-masnya turun duluan karena kami masih memasak mie, daaaa mas... sampai jumpa lagi... suwun ya sudah mau mbarengi sampe sini.

Setelah makan kami turun dibarengi mas tangguh penjaga pos, wuh jalannya cepet sekale, pake sendal jepit lagi, duh mas saya ngos-ngosan ngikuti njenengan, masnya jalan dengan gaya trampolin e, jadi kami ikut-ikutan gaya trampolin, lompat kanan, lompat kiri, lompat-lompat wes koyo terwelu lek jare Dion, kalo trampolin kan jatuhnya gak sakit, trampolin kali ini jangan sampai jatuh, soalnya kalau sampai jatuh mesti sak pipis-pipise katut, nanti jadi tambah lucu mending jangan sampai jatuh.

Jalan licin trampolin selesai, berganti jadi jalan bebatuan dengan hamparan teh, sak apik-apike pemandangan kebun teh kalo dinikmati sambil kebelet kok ya kurang pas jadinya, jadi kami tetap saja jalan buru-buru, kalo kebelet gini gak jatuh-jatuh cintaan wes, gak sempet.
Etciee yang udah senyum-senyum

Huaahhh akhirnya sampai juga di pemukiman warga, kami kembali ke peradapan dengan bantuan ojek menuju jalan raya Lawang-Malang, menunggu bus jurusan Surabaya untuk Mb.Anik, setelah mb.Anik pulang kami mencegat angkot, kami dapat angkot menuju Arjosari, dan kami saling bersalaman, senyum, salaman, senyum sampai selesai, pulang ke rumah masing-masing, ingat pulang ke rumah masing-masing bukan tetangga masing-masing.

Special thanks to:
Dion yang bawain bajuku
Biga yang bawain SB-ku dan senterku
Max yang bawain matrasku
Yoga yang bawain sandalku
Cak Eko yang bawain tasku
Juna yang ngringkesi barangku
Mb.Anik yang menemaniku sebelum pulih
Mas Deden dan Lek Gun yang ngasih nama Mulyadi

Transportasi
Malang-Landungsari Rp. 3000,-
Landungsari-Batu (TMP) Rp. 3000,-
TMP Batu-Beji (cangar) Rp. 10.000,-/orang (total 100,000,-)
Lawang-Arjosari Rp. 5000,-
Arjosari-Alun-alun Malang Rp. 3000,-
Senyumku gratisss

Tidak ada komentar:

Posting Komentar